Multimedia pada umumnya dipahami oleh sebagai orang sebagai suatu fasilitas atau tingkat pencapaian teknologi pada Personal Compuer (PC). Sebuah PC dikatakan multimedia apabila dilengkapi dengan berbagai media tambahan atau interface sehingga PC tersebut memiliki kemampuan tidak hanya menampilkan teks atau gambar saja tetapi juga suara dan gambar bergerak (video/animasi) serta mampu melakukan komunikasi dengan PC atau media yang lain.


Dari penjelasan di atas di bawah ini beberapa pengertian multimedia yang banyak dipahami secara umum :
“Multimedia adalah penggunaan PC untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.”

“Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, suara, gambar, video dan animasi.”

“Multimedia dapat diartikan sebagai penyatuan berbagai media teknologi untuk kepentingan hiburan, publikasi, komunikasi, promosi dan lainnya.”

Sumber http://wikipedia.org menjelaskan bahawa Multimedia adalah Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1) Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2) Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
3) Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4) Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
5) Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Istilah Multimedia berdasarkan Etimologi terdiri dari “multi” dan “media”. Multi berarti beragam sedangkan “media” berarti sarana (tool) yang digunakan.
Dalam bahasa latin kata Multimedia terdiri dari 2 kata yaitu :

“Multi” adalah banyak atau bermacam-macam
“Medium” adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu

“Medium” adalah alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritage Electronic Dictionary, 1991)

Jadi berdasarkan etimologi bisa kita artikan bahwa multimedia adalah sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Manfaat dan Fungsi Multimedia

Berdasarkan pada beberapa pengertian, multimedia memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting untuk digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan atau aktifitas, diantaranya :

1. membantu bidang pendidikan dalam proses pembelajaran dengan menyajikan bahan pembelajaran dalam berbagai media
2. membantu dan mempermudah dalam komunikasi
3. dapat merubah pola kerja yang konvensional menjadi lebih modern sehingga lebih efektif dan efisien seperti penggunaan teleconference dalam suatu pertemuan.
4. dapat merubah pola atau gaya hidup karena setiap aktifitas bisa lebih dipermudah dan dipercepat tanpa mengeluarkan banyak energi.
5. mempermudah penyampaian informasi

2. Unsur-unsur Multimedia

Unsur-unsur multimedia dapat diklasifikasikan dalam dua katagori :

A. Multimedia sebagai suatu produk (Multimedia Content Production)

1) Teks
Teks adalah data dalam bentuk karakter, dalam hal ini masuk dalam kode ASCII (American Standard Code for Informastion Interchange) dan ASCII Extension seperti UNICODE murni.

Dalam peristilahan computer kita mengenal 2 jenis teks, yaitu :

a. Plain Text (Unformated text)
Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengetik dalam bentuk plain text atau teks yang sederhana dengan platform windows adalah Notpade.(txt). Teks yang diketik berjenis MIME Text, yaitu teks yang tidak terenkripsi dan tidak mengadung berbagai informasi berkaitan dengan sifat dan karakter dari teks, seperti teks yang mengadung informasi font, Link, image dan lainnya.

b. Formated Text
Adalah serangkaian teks yang sudah terformat sedemikian rupa sehingga mengandung informasi yang berkaitan dengan sifat dan karakter dari teks tesebut, seperti teks yang mengandung informasi font (bold, italics, underline, color dan jenis font)

c. Hypertext
Istilah hypertext pertama kali diperkenalkan pada tahun 1965 oleh Ted Nelson. Hypertext dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fasilitas embedded information berupa lingking, contoh hypertext :

HTML : HyperText Mark-up Language

XML : eXtensible Mark-up Language

HTML
Merupakan standar bahasa pemograman untuk tampilan dokumen di web. Dengan bahasa HTML ini kita dapat melakukan control terhadap tampilan web baik yang bersifat statis maupun dinamik yang mampu menyajikan tampilan multimedia.

XML
Fungsi XML sama halnya dengan HTML, namu lebih sederha, dan strukturnya lebih jelas, dan cepat untuk pencarian data.

2) Grafik (gambar)
Berdasarkan wikipedia.org gambar adalah Citra atau bayangan atau imaji (dari Bahasa Inggris image, dan Bahasa Latin imago) adalah benda yang dihasilkan atas upaya manusia dalam mereproduksi kemiripan dari suatu obyek—biasanya obyek-obyek fisik/nyata.
Gambar juga bisa diartikan sebagai suatu tampilan yang memiliki karakter sebagai representasi spatial atau cerminan dari suatu objek.
Menurut ukuran atau dimensi gambar, dikelompokan dalam 2 katagori yakni :
a. gambar 2D
b. gambar 3D
Dalam dunia design grafis kita mengenal 2 istilah gambar yakni; gambar Raster dan Vektor.

3) animasi
4) audio
5) video
6) interaktif

Dan klik link berikut jika anda serius belajar multimedia dan aminasi

Comments (0)