Selain untuk hiburan Raspberry Pi juga saya gunakan untuk memudahkan pekerjaan — sebagai Print Server. Laptop tersambung ke WIFI rumah langsung terhubung ke print server tak perlu ribet mendekat ke meja printer colok kabel USB.

Saya masih menggunakan paket instalasi Raspbmc, karena baru punya 1 buah Raspi jadi dalam satu mesin saya gunakan sebagai media center sekaligus print server dan mungkin nanti untuk keperluan lainnya juga *maksa*. Beruntunglah Raspbmc berbasis Raspbian Wheezy didukung repostiorinya sehingga fleksibel untuk menambah paket aplikasi yang dibutuhkan.
Jadi gini, untuk print server saya akan mengkonfigurasi Raspberry Pi dengan printer Canon MP160, menginstal CUPS, kemudian menginstall printer di komputer client via Internet Print Protocol (IPP).
Konfigurasi Print Server
Menginstal CUPS sekaligus paket pedukungnya.
$ sudo apt-get install cups
Konfigurasi user untuk otorisasi manajemen printer, memasukkan user pi sebagai anggota grup lpadmin.
$ sudo usermod -aG lpadmin pi
Mengaktifkan sharing printer dan membuka akses untuk remote admin
$ sudo cupsctl --share-printers --remote-printers --remote-admin
Jalankan CUPS
$ sudo /etc/init.d/cups start
Kemudian mengakses manajemen CUPS via web https://{Alamat IP Raspi}:631/admin/, tambahkan printer baru (add new printer). Tipe printer saya terdeteksi Canon MP160, Pilih make/manufacture: RAW, dengan setelan ini maka beban CPU pada print server lebih ringan dan proses pencetakan lebih cepat, tetap nanti di komputer client harus disetel driver printer yang sesuai. Dengan sistem demikian, print server tidak dapat melakukan pencetakan sendiri, bila di-test print melalui web interface CUPS tidak ada respon, jadi pencetakan hanya bisa dari Komputer client.
Saya pernah mencoba konfigurasi print server, setelan CUPS dipasang driver sesuai printernya, proses pencetakan lambat dan print spooling lama.

Karena sistem berbagi-pakai printer menggunakan IPP, untuk setelan di komputer client menggunaka url printer ipp://{Alamat IP Raspi}:631/printers/Canon_MP160 atau menggunakan protokol http untuk setelan di MS Windows.
Instalasi Printer pada Komputer Client
Konfigurasi di Linux, saya menggunakan openSuse jadi cukup memakai Yast. Buka setelan printers, pilih Print via Network, saya lebih prefer memilih “Do All Printing Directly via One Single CUPS server”, kemudian masukan alamat IP print server. Lanjut, pilih device driver yang sesuai, terakhir coba klik test printer.


Konfigurasi pada Mac OSX, buka setelan Printer pada System Preference. Add printer — biyasanya otomatis mendeteksi printer yang di-share di jaringan. Kemudian sesuaikan driver printer-nya.

Konfigurasi pada Windows 7, Tambah printer baru, pilih “Add a network, wireless or Bluetooth printer”, biarkan aplikasi memindai printer bila tidak ditemukan klik “The printer that I want isn’t listed”. Selanjutnya, masukan url printer http://{Alamat IP Raspi}:631/printers/Canon_MP160 pada “Select a shared printer by name”. Terakhir pilih driver pinternya.
Bila klien kebanyakan menggunakan Windows sebaiknya juga mengkonfigurasi print sharing via Samba Share. Untuk perangkat yang berbasis Mac bisa mengkonfigurasi AirPrint.
Sebagai tambahan, untuk performa pencetakaannya cukup cepat meski Raspi sedang digunakan untuk memutar film.
Written by Yan Arief
July 19th, 2013 at 4:00 pm

Comments (0)